Makuta Jamu Cafe Semarang, Sehat ala Millennial

Makuta Jamu Cafe Semarang, Sehat ala Millennial

[ad_1]

Dikelola generasi ketiga Nyonya Meneer, Makuta Jamu Cafe sukses kawinkan minuman tradisional jamu dengan konsep ala millennial di Semarang. Namun agar acara nongkrong Teman Traveler di sini lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa kalian coba. Yuk, simak satu persatu.

Datang Malam Hari

img_20191027_211640_8Z6.jpg
Pintu masuk kafe (c) Intan Deviana/Travelingyuk
img_20191027_211823_GuG.jpg
Makuta tampak depan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Makuta Jamu Cafe terletak di salah satu ruas jalan di kawasan Pecinan Semarang, tepatnya di Jalan Gang Pinggir no. 38 Kranggan, Semarang Tengah. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Teman Traveler bisa mampir saat siang, sore, maupun malam.

img_20191027_210433_JAo.jpg
Bangku-bangku pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin suasana yang lebih cozy, sebaiknya datang malam hari saja. Lampu temaram yang menyinari tiap sudut kafe bakal bikin atmosfer ruangan jadi lebih syahdu. Interiornya akan nampak makin Instagenic dan artistik. Ngumpul bareng teman atau pasangan pun jadi makin menyenangkan.

Duduk di Bangku Meja Bar

img_20191027_210348_nVz.jpg
Dapur Makuta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengusung konsep open kitchen, Teman Traveler bisa pilih duduk di bangku meja bar untuk mendapat pengalaman berbeda. Di sini kalian bisa dengan leluasa melihat proses peracikan jamu hingga akhirnya dihidangkan ke meja.

img_20191027_210736_w1h.jpg
Sisi lain dapur (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di titik yang sama Teman Traveler juga bakal merasakan ambience unik, berada di kafe modern dengan menu minuman racikan tradisional khas Semarang. Pasti bakal jadi pengalaman baru yang seru deh.

Pesan Jamu Seduh

img_20191027_204540_6CW.jpg
Pilihan jamu seduh Makuta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengusung ‘Jamu Reinvented’ sebagai slogan utama, Teman Traveler wajib menjajal racikan jamu seduh yang menjadi menu utama Makuta. Supaya tidak salah pesan, kalian bisa membaca lebih dulu bahan-bahan dan khasiat yang terkandung dalam tiap racikan jamu. Semua keterangan tersebut sudah tersedia di daftar menu.

makuta jamu cafe
Penyajian jamu Flugon (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lantaran dibuat dari bahan alami, cita rasa jamu seduh Makuta mungkin sedikit kurang familiar di lidah. Saya sendiri memilih Jamu Flugon yang dibuat dari seduhan kunyit, alang-alang, merica, kayu manis, dan jahe. Konon racikan ini berkhasiat mengusir capek dan flu. Rasanya cukup bikin lidah kaget, hingga bikin saya tak sanggup meminum sampai habis.

Namun, tenang Teman Traveler. Sebagai penawar sudah disediakan puding manis sebagai pencuci mulut. Jadi, tetap habiskan jamu supaya khasiatnya bisa lebih terasa di tubuh.

Wajib Coba Es Krim Jamu

makuta jamu cafe
Es krim jamu alang-alang asih dan beras kencur (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Biar makin maksimal nongkrong di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk memesan es krim jamu. Ya, Teman Traveler tak salah baca. Selain jamu seduh, Makuta juga sediakan olahan es krim yang unik. Bentuknya sama persis es krim biasa, namun rasanya tetap khas ala jamu.

Tak perlu khawatir bakal merasakan pahit atau sensasi rasa yang aneh. Untuk sajian ini Makuta memilih bahan-bahan yang lebih ‘ramah’ di mulut, seperti alang-alang, beras kencur, dan jahe. Teman Traveler pasti doyan.

Tapi jangan heran jika Teman Traveler nantinya menjumpai serat-serat rimpang di dalam sajian es krim jamu. Hal tersebut menjadi bukti kalau sajian ini benar-benar dibuat menggunakan bahan-bahan alami.

Beli Oleh-oleh

makuta jamu cafe
Bisa buat oleh-oleh (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terakhir, sebelum beranjak meninggalkan Makuta Jamu Cafe, Teman Traveler bisa sempatkan beli botanical drink atau camilan produksi Makuta sebagai buah tangan. Sebutlah minuman gula asam, beras kencur premium, sirup mint, kunir asem silky puding, mochi, dan kacang mete. Hayo, mau yang mana?

makuta jamu cafe
Meja menghadap kaca (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Teman Traveler contek jika nanti berkesempatan singgah di Makuta Jamu Cafe. Dengan harga mulai Rp17.000, kalian sudah bisa nikmati jamu seduh atau es krim jamu yang khas Makuta. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Semarang ya.

Tags

Indonesia

Jawa Tengah

kontributor

kuliner

kuliner Semarang

Makuta Jamu Cafe

semarang

Travelingyuk

[ad_2]

Source link