Jelajahi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Wujud Ketenangan Wisata Bali

Jelajahi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Wujud Ketenangan Wisata Bali

[ad_1]

Bicara tentang Bali memang tak akan pernah ada habisnya, berkat kekayaan destinasi wisatanya, mulai dari alam sampai budaya. Bahkan tersebar sampai ke gugusan pulaunya yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Terdapat beragam atraksi menawan yang masih sepi, sehingga memberikan ketenangan. Ada apa saja? Yuk, dibaca ulasan berikut.

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan
Blue Lagoon Nusa Ceningan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan masuk dalam gugusan pulau Bali, termasuk juga Nusa Penida. Secara administratif kedua pulau ini masuk di wilayah Kabupaten Klungkung. Jaraknya sendiri dari pulau utama sekitar 35-50 menit menggunakan speed boat.

Jarak dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan sangat dekat dan dihubungkan dengan sebuah jembatan. Hanya kedua pulau tersebut yang terhubung satu sama lain sedangkan Nusa Penida tidak ada jalan penghubung. Sehingga jika ingin ke Nusa Penida harus menggunakan transportasi berupa public boat, speed boat, maupun kapal nelayan.

Destinasi Wisata Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan mempunyai banyak destinasi wisata populer. Mulai dari Devil’s Tears samapi Blue Lagoon. Oleh karena itu, tidak heran bila pulau ini juga dilengkapi dengan hotel dan vila cantik. Berikut wisata di dua pulau indah tersebut.

Devil’s Tears

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan
Devil’s Tears Nusa Lembongan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Devil’s Tears merupakan pantai yang ada di Nusa Lembongan. Sesuai dengan namanya yang terdengar seram, tempat ini bukannya dipenuhi hamparan pasir putih melainkan karang tajam di tebing curam.

Keistimewaan Devil’s Tears adalah ombak air lautnya cukup keras menghantam tebing yang menimbulkan semburan air laut ke udara. Kemudian guyuran air tersebut menetes di karang. Fenomena ini seolah-olah menyerupai air mata.

Yellow Bridge

20171101_081727458_ios_Nxk.jpg
Yellow Bridge Nusa Lembongan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Yellow Bridge merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Adanya jembatan berwarna kuning ini membuat kedua pulau mudah dijangkau. Cukup berjalan kaki sejauh kira-kira 100 meter.

Yellow Bridge ini membelah lautan sehingga berjalan di sini bisa sekalian menikmati lanskap indah. Berkat keunikan tersebut jembatan ini bisa dikatakan sebagai landmark bagi kedua pulau di Bali ini.

Laut Pasir

20171101_080436469_ios_Gua.jpg
Laut Pasir saat surut (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Tidak jauh dari Yellow Brige terdapat sebuah lokasi yang sangat elok untuk dijadikan spot berfoto yaitu Laut Pasir. Di waktu tertentu air laut yang ada di lokasi ini akan surut dan hanya menyisakan dataran pasir yang cukup luas.

Laut Pasir berada di sekitar Pantai Nusa Ceningan dan jaraknya tidak jauh dari Yellow Bridge, cukup berjalan sekitar 5-10 menit kalian akan menemukan laut dangkal tersebut.

Blue Lagoon

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan
Blue Lagoon Nusa Ceningan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Jika Nusa Lembongan memiliki Devil’s Tears maka Nusa Ceningan memilki Blue Lagoon. Kondisi tempatnya hampir sama hanya saja tebing Blue Lagoon lebih tinggi, berkarang kapur warna putih, serta bentuk laguna yang luas.

Ombak Blue Lagoon juga sangat ganas, sesekali kalian akan melihatnya menyemburkan air ke udara. Saking besarnya ombak dan tebing kapur yang tidak begitu kokoh, tempat wisata ini sangat rawan longsor. Jadi perlu berhati-hati jika ingin menikmati objek wisata ini.

Moda Transportasi dan Tiket Masuk

20171101_080156595_ios_6SX.jpg
Berada di Atas Kapal (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Untuk mencapai Lembongan dan Ceningan, Teman Traveler bisa menggunaan speed boat atau public boat. Disarankan berangkat dari Pantai Sanur agar tarif lebih murah.

Walau bisa juga berangkat dari Pelabuhan Benoa. Hanya saja jika berangkat dari Pelabuhan Benoa moda transportasi yang tersedia adalah cruise atau kapal pesiar, harganya lebih mahal ketimbang speed boat atau public boat.

Jika menggunakan speed boat dari pantai sanur tarifnya sekitar Rp175.000an sampai Rp200.000an sekali jalan. Tarif public boat Rp 100.000an sekali jalan. Sekalipun lebih murah namun public boat jarang ada dan jadwalnya yang tidak menentu serta tergantung kondisi cuaca.

Untuk tiket masuk destinasi wisata yang ada di dua pulau ini cukup membayar parkir sebesar Rp5.000an. Bahkan beberapa tempat wisata tidak dikenakan biaya sama sekali.

Bila Teman Traveler berencana berwisata ke Bali, sempatkan ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, ya. Sudah mendekati akhir tahun, yuk siapkan itinerari liburan dari sekarang.

Tags

Bali

Indonesia

kontributor

Nusa Ceningan

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Travelingyuk

Wisata

wisata bali

[ad_2]

Source link