5 Kampung Tematik Terinstagenic di Indonesia, Banyak Hadirkan Spot Menarik

5 Kampung Tematik Terinstagenic di Indonesia, Banyak Hadirkan Spot Menarik

[ad_1]

Indonesia kini tak hanya menghadirkan wisata alam atau buatan semacam theme park. Tapi juga ada destinasi baru yang diciptakan, berupa kampung tematik. Tempat wisata ini awalnya pemukiman penduduk biasa, kemudian disulap menjadi kawasan yang cantik, sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung. Kali ini, Travelingyuk akan mendaftar kampung tematik terinstagenic di Indonesia. Kira-kira ada apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Kampung Warna Warni Lubuklinggau, Sumatra Selatan 

kampung tematik terinstagenic
Kampung Warna Warni Lubuklinggau via instagram/bundadee_weddinggallery

Kampung Wisata Lubuklinggau merupakan kampung tematik pertama di Pulau Sumatra. Walau belum seramai kampung tematik di Jawa, namun Kampung Wisata Lubuklinggau ini tidak kalah kreatif. Gambar-gambar dengan ilusi optik dilukis dengan warna-warna menarik.

Hal ini tentu membuat para wisatawan tertarik untuk datang ke sana, baik sekadar melihat-lihat atau mengabadikan momen. Kalau kalian ingin berkunjung ke sini, bisa datang ke Jl. Depati Said, Lubaklinggau Ulu, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan

2. Gang Kepatihan, Bogor 

kampung tematik terinstagenic
Gang Kepatihan via instagram/selviyanti02

Ketika memasuki  Jalan Veteran tepatnya Gang Kepatihan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, kalian akan melihat keunikan di sana. Di kedua sisi temboknya, terdapat lukisan rumah-rumah tua empat dimensi ala Kota tua Takayama Jepang dan hiasan pohon-pohon sakura.

Tak hanya nuansa Jepang, pengunjung juga bisa merasakan suasana Kota London karena terdapat lukisan tentara kerajaan London dan tembok platform 9 yang merupakan tembok di film Harry Potter

3. Kampoeng Djadhoel, Semarang 

Kampung Djadhoel via instagram/rameliavitra 

Bergeser ke Jawa Tengah, ada kampung tematik bernama Kampoeng Djadhoel. Di sini kalian akan melihat banyak sekali mural bertema Indonesia yang ternyata hasil karya dari warga setempat. Seperti mural Wayang Beber yang menceritakan sejarah Kota Semarang sejak abad ke-8, filosofi batik, replika panggung wayang kulit, galeri lukisan, dan galeri 3D. Menariknya lagi, mural-mural tersebut begitu detail dan didukung dengan pewarnaannya yang tepat. Bagi siapa saja yang melihatnya, pasti tak sabar ingin berfoto di sana.  

Tidak hanya itu, warga kampung tersebut juga melakukan edukasi tentang belajar membatik dan melukis di atas kanvas. Pelatihan membatik dilakukan sejak dini mulai siswa PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa. Baik warga kampung setempat maupun dari luar daerah. Tertarik? Silakan mampir ke Kampung Batik Tengah Rejomulyo, Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 

4. Kampung Heritage Kayutangan, Malang 

Kampung Heritage via instagram/luluk.irawati_ 

Seperti namanya, tempat ini berada di kawasan Kayutangan atau sekarang bernama Jalan Basuki Rahmad. Lokasi Kampung Heritage berada persis di gang-gang di sebelah Toko Oen yang legendaris.

Ada banyak hal berbau vintage yang bisa ditemukan di tempat ini. Rumah bekas kolonial Belanda, sungai yang sudah ada sejak era penjajahan, hingga aneka mainan lawas terjaga dengan baik di kampung ini.

Pihak Pokdarwis setempat menerapkan paket wisata bagi turis yang ingin berkunjung, mulai paket perorangan hingga paket rombongan. Tujuannya, adalah untuk pembangunan dan pengembangan Kampung Heritage. 

5. Kampung Pejabat, Banjarbaru 

Kampung Pejabat via instagram/dini2907

Di  Kelurahan Loktabat Selatan , Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan ada sebuah pemukiman cantik bernama Kampung Pejabat. Bukan Pejabat dalam artian sebenarnya, tapi merupakan akronim dari Penjual Jamu Loktabat. Nama ini disematkan karena di kampung tersebut ada sekitar 33 penjual dan pengolah jamu. 

Meski berlabelkan jamu, kampung ini tetap menarik untuk dilihat. Pada gerbang utama didesain dengan bola-bola warna warni yang tergantung. Kemudian, pada bagian dindingnya dilukis dengan berbagai macam gambar yang berwarna warni. Jadi, jangan heran kalau banyak sekali wisatawan yang mampir ke sini. 

Itulah deretan kampung tematik terinstagenic di Indonesia. Semuanya memiliki keunikan yang dijamin membuat para pengunjung betah. Bagi kalian yang suka foto, segera mampir ke kampung-kampung di atas. Selain bisa jalan-jalan, kalian bakal mendapat koleksi foto baru untuk diunggah di instagram. 

Tags

Banjarbaru

Bogor

Indonesia

Jawa Barat

Jawa Tengah

Jawa Timur

Kalimantan Selatan

kampung tematik terinstagenic

Lubuklinggau

Malang

semarang

Sumatra Selatan

Wisata



[ad_2]

Source link