5 Hal Aneh Ini Dialami Tubuhmu Saat Naik Pesawat

5 Hal Aneh Ini Dialami Tubuhmu Saat Naik Pesawat

[ad_1]

Merasa pusing dan lemas saat naik pesawat? Kuping berdengung tanpa sebab? Tenang, kalian tidak sendiri! Ada banyak penumpang yang juga merasakan hal-hal di atas. Faktor tekanan udara dan kadar oksigen sangat memengaruhi kondisi fisik Teman Traveler saat bepergian dengan pesawat. Akibatnya, 5 hal aneh berikut ini bisa terjadi pada tubuh kalian.

1. Kadar Oksigen Yang Rendah Bakal Bikin Ngantuk atau Sakit Kepala

Ilustrasi sakit selama pesawat via Shutterstock

Karena pesawat terbang pada ketinggian 35.000-40.000 kaki, maka perbedaan tekanan udara bisa jadi persoalan serius. Meskipun kondisi kabin sudah diatur sedemikian rupa sehingga aman bagi manusia, kadar oksigen di dalamnya tetap turun hingga 4%.

Alhasil, Teman Traveler pasti masih merasakan keanehan-keanehan dalam tubuh, misalkan sakit kepala, badan lemas, hingga gampang mengantuk. Untuk menghindari hal tersebut muncul, banyak-banyaklah minum air putih serta hindari alkohol dan kafein.

2. Bisa Dehidrasi Sewaktu-Waktu

Ilustrasi minum air secukupnya selama di pesawat via Shutterstock

Sebenarnya, udara yang Teman Traveler hirup di kabin berasal dari luar pesawat. Nah, di ketinggian 35.000-40.000 kaki, udaranya sangat kering. Wajar saja kalian akan merasa gampang haus, bahkan sampai dehidrasi jika berada di pesawat dalam jangka waktu lama.

Gampang saja solusinya. Minum air putih yang banyak, bahkan sebelum kalian bepergian dengan pesawat. Tak jarang, menggunakan obat tetes mata juga diperlukan agar mata tetap terhidrasi.

3. Bikin Kulit Cepat Kering

Ilustrasi kulit kering via Shutterstock

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, udara di pesawat sangatlah kering, bahkan tidak hanya memengaruhi cairan dalam tubuh kalian saja, loh!

Teman Traveler akan lebih gampang terlihat kusam dengan bibir pecah-pecah dan kulit kering. Selain banyak-banyak minum air, pakailah body lotion dan lip balm secukupnya agar kalian tetap terlihat glowing.

4. Tekanan Udara Bikin Telinga Berdengung

Ilustrasi telinga berdengung yang mengganggu via Shutterstock

Telinga adalah anggota tubuh yang sensitif terhadap perubahan suhu dan tekanan udara. Pantas saja ketika pesawat memasuki atmosfer yang semakin tinggi, tekanan udara di telingapun berusaha menyesuaikan dengan yang di luar. Karena tidak seimbang, terjadilah peristiwa yang dinamakan ‘telinga berdengung’.

Cara penyelesaiannya gampang. Banyak-banyaklah menelan dan menggerakkan rahang. Salah satu contohnya adalah mengunyah permen karet. Hal ini dilakukan supaya rahang aktif bergerak, sehingga tekanan udara di dalam dan luar tubuh bisa saling menyeimbangkan satu sama lain.

5. Pudarnya Kepekaan Indra Perasa

Ilustrasi makanan pesawat terasa hambar via Shutterstock

Ternyata udara kering di pesawat dapat mengurangi kemampuan Teman Traveler dalam merasakan makanan enak. Hal ini disebabkan keringnya mulut dan hidung yang sejatinya bekerja dengan baik kalau dalam kondisi basah.

Sebuah studi bahkan menemukan bahwa indra perasa manusia menurun hingga 30% saaat berada di pesawat. Jangan khawatir, tetaplah jaga tubuh terhidrasi dengan minum air putih yang banyak!

Itu tadi 5 hal aneh yang bakal dialami tubuh Teman Traveler selama naik pesawat. Kesimpulan yang bisa diambil, banyak-banyaklah minum air putih agar kebutuhan cairan kalian terpenuhi.

Tags

Indonesia

Luar negeri

Naik Pesawat

PEsawat

tips dan inspirasi

[ad_2]

Source link