5 Akomodasi Bergaya Rumah Tradisional Terindah, Solusi Staycation Buat yang Lagi Gundah

5 Akomodasi Bergaya Rumah Tradisional Terindah, Solusi Staycation Buat yang Lagi Gundah

[ad_1]

Tempat menginap mempunyai peran penting dalam menyumbang kebahagiaan saat liburan, apalagi kalau tujuannya untuk staycation. Sebaiknya memilih yang menyediakan fasilitas memadai, harga terjangkau, dan punya suasana nyaman. Salah satu konsep yang terbilang bikin bermalam makin syahdu adalah akomodasi bergaya rumah tradisional. Seperti apa, sih? Simak ulasan berikut.

1. Sumatra Ecoresort, Sumatra

Akomodasi Rumah Tradisional
Sumatra Ecoresort via Instagram @sumatra.ecoresort

Akomodasi bergaya rumah tradisional berikutnya adalah Sumatra Ecoresort yang bertempat di Ngarai Sianok, Jalan Binuang, Lambah, Iv Koto, Kabupaten Agam. Tempat menginap ini mengusung konsep rumah tradisional khas Minangkabau yang atapnya terbuat dari ijuk dengan bentuk runcing menyerupai tanduk kerbau.

Bila Teman Traveler berencana staycation di sini, cukup merogoh kocek kurang lebih Rp300.000an. Dengan biaya terjangkau tersebut, sudah bisa bermalam di kamar yang dilengkapi tempat tidur nyaman dengan kelambu anti nyamuk, meja & kursi, dan kamar mandi pribadi plus perlengkapnannya. Bila ingin bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan hijau, tinggal ke teras saja.

2. Joglo Mandapa Boutique Hotel, Jawa

Akomodasi Rumah Tradisional
Joglo Mandapa Boutique Hotel via Instagram @joglomandapahoteljogja

Ketenangan staycation di akomodasi bergaya rumah tradisional juga akan Teman Traveler temukan di Joglo Mandapa Boutique Hotel di Dusun Kembaran RT. 01, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jogja. Tempat menginap ini mengusung konsep ala joglo yang khas dengan bangunan 4 tiang besar.

Keistimewaannya dapat terlihat bahkan saat Teman Traveler baru menginjakkan kaki di sini, langsung disambut gerbang kayu ala Jawa. Furnitur di penjuru hotel pun terbuat dari kayu, semakin menambah kesan etnik.

Untuk fasilitas dalam kamar cukup lengkap, di antaranya lemari, meja & kursi, kamar mandi plus amenitiesnya, TV, dan AC. Sarana pendukung lain adalah kolam renang outdoor, gazebo kayu, teras, taman, restoran, dan bar. Ada pula tempat seperti ruang tamu terbuka yang berisi gamelan dan sofa. Harga yang ditawarkan untuk menginap di sini adalah kira-kira Rp300.000an.

3. Gardenia Resort and Spa, Kalimantan

Gardenia Resort and Spa via Instagram @mandyw1023

Gardenia Resort and Spa juga merupakan tempat menginap yang mengusung konsep perpaduan antara tradisional dan modern. Dapat terlihat bangunan kamarnya mirip dengan rumah panggung berbahan kayu tradisional Kalimantan, namun di bagian dalam tersedia tempat tidur beserta fasilitas modern.

Beberapa di antaranya tempat tidur nyaman, TV, meja & kursi, dan ruang berAC. Ada pula teras untuk bersantai sembari memandang pemandangan sekitar. Sarana lain adalah spa, kolam renang outdoor, dan mini bar.

Tertarik bermalam di sini? Hanya perlu merogoh kocek Rp350.000an, kok. Teman Traveler akan temukan Gardenia Resort and Spa di Jalan Ahmad Yani II, Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

4. Lumbung Cottage 1, NTB

Lumbung Cottage 1 via Instagram @hari.srg

Lumbung Cottage 1 adalah akomodasi yang dengan bentuk atap melengkung terbuat dari ijuk, seperti rumah tradisional khas Suku Sasak. Teman Traveler dapat menemukan tempat menginap ini di Gili Trawangan, tidak jauh dari pinggiran pantainya. Demi dapat bermalam di sini, sediakan budget Rp400.000an.

Teman Traveler akan mendapatkan kamar tidur private lengkap dengan teras, tempat tidur nyaman, TV, kamar mandi plus perlengkapannya, dan AC. Ada pula kolam renang outdoor dan gazebo sebagai spot buat bersantai sembari menikmati indahnya lanskap di sekitar.

5. Tongkonan Layuk Lion, Sulawesi

Akomodasi Rumah Tradisional
Tongkonan Layuk Lion via layuklion.webs.com

Tongkonan merupakan sebutan untuk rumah tradisional khas Toraja. Bentuknya atapnya seperti perahu yang terbuat dari bambu. Teman Traveler pun bisa merasakan bermalam di akomodasi bergaya rumah tradisional tersebut. Tongkonan Layuk Lion dapat menjadi pilihannya.

Tempat menginap satu ini berlokasi di Jalan Kadundung (Jalan Poros Singki’, Alang Alang), Kelurahan Nonongan, Lingkungan Lion, Kabupaten Toraja Utara. Walaupun mengusung konsep bangunan tradisional, namun fasilitas kamarnya modern dan memadai. Ada tempat tidur, TV, meja & kursi, dan kamar mandi serta amenitiesnya.

Tersedia pula balkon maupun teras, dari sinilah Teman Traveler dapat menyaksikan lanskap pegunungan di kejauhan. Bila tertarik menginap di Tongkonan Layuk Lion, siapkan budget sekitar Rp850.000an.

5 akomodasi bergaya rumah tradisional di atas dapat jadi lokasi tepat untuk staycation menghabiskan liburan akhir tahun. Teman Traveler berencana liburan ke mana?

Tags

Akomodasi

Akomodasi Bergaya Rumah Tradisional

Indonesia



[ad_2]

Source link