4 Tempat Wisata Terbengkalai di Indonesia, Kampung Gajah Juga Jadi Korbannya

4 Tempat Wisata Terbengkalai di Indonesia, Kampung Gajah Juga Jadi Korbannya

[ad_1]

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tersebar di berbagai daerah. Namun sayangnya, ada sejumlah destinasi wisata yang tidak terurus dengan baik hingga terbengkalai sampai saat ini. Bahkan, karena sudah lama tak digunakan, tempat-tempat hiburan ini terlihat menyeramkan. Mau tahu apa saja tempat wisata terbengkalai yang ada di Indonesia? Kita jelajah satu persatu. 

1. Taman Festival, Bali 

tempat wisata terbengkalai indonesia
Taman Festival via instagram/katringinger_

Bagi Teman Traveler yang cinta dengan Bali, pasti tak asing dengan Taman Festival. Ya, tempat wisata yang berlokasi di Jl. Padang Galak No.3, Kesiman, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar ini selalu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Ini karena di dalamnya terdapat beragam fasilitas, seperti teater 3D, kolam buaya dan masih banyak lagi. 

Tapi, kebakaran yang melanda tempat wisata ini mengakibatkan Taman Festival menjadi lokasi menyeramkan. Kini yang tersisa adalah jejak kemegahan yang tertinggal, serta kisah mistis tentu saja.

Banyak orang merasakan fenomena-fenomena ganjil saat berada di dalam bangunan tua tersebut. Konon terdengar suara-suara yang misterius. Banyak pula orang yang melaporkan telah melihat sosok-sosok mengerikan saat berada di dalam Taman Festival Bali.  Hal ini tentu menjadi kabar tak sedap, memicu ketakutan bagi siapapun yang hendak mengunjunginya.

2. Kampung Gajah, Bandung 

tempat wisata terbengkalai indonesia
Kampung Gajah via instagram/satryalasmana

Akhir-akhir ini sedang hits kabar tentang Kampung Gajah yang sudah tak terurus. Wisata yang berada di Jalan Sersan Bajuri, Bandung Barat ini dulunya tidak pernah sepi pengunjung. Namun, masa kejayaan Kampung Gajah telah berlalu. Kondisinya mulai memprihatinkan sejak diputus pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 13 Desember 2017 lalu.

Beberapa bagian bangunan tampak berantakan dan tak terurus. Rumput-rumput liar terlihat di beberapa bagian taman. Kondisi itu yang membuat Kampung Gajah seperti berubah menjadi wisata horor

3. Taman Bermain Wonderia, Semarang 

Taman Bermain Wonderia via facebook/Inibaru Indonesia

Di Jl. Sriwijaya No.28, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang juga ada tempat wisata mangkrak bernama Taman Bermain Wonderia. Sebelum disegel, Wonderia ramai jika ada event musik dangdut dan pameran distro.

Objek wisata yang dibuka pada 2007 ini memiliki berbagai permainan anak, seperti kereta listrik, bianglala, komidi putar dan wahana lainnya. Suasananya juga sejuk oleh puluhan pohon besar sehingga cocok sebagai tempat bersantai keluarga. 

Namun Wonderia terpaksa ditutup karena pihak manajemen PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta (Smart) selaku pengelola tak mampu membayar utang pajak ke Pemkot Semarang senilai Rp 3,1 miliar. Pasca penutupan itu, pemkot berencana menjadikan Wonderia sebagai pusat kegiatan wisata di Kota Semarang. Tapi sampai saat ini masih belum ada kejelasan sama sekali tentang rencana tersebut. 

4. Kolam Renang Singandaru, Banten

Kolam Renang Singandaru via facebook/Ibnu Chaidir

Selanjutnya ada Kolam Renang Singandaru yang telah ditutup sejak tahun 1980-an, lalu dibiarkan terbengkalai sampai sekarang. Semua bangunan kini ditutupi ilalang, pepohonan, hingga semak belukar. Kolam renangnya terisi air berwarna keruh yang tak jelas asalnya.  

Banyak cerita mistis yang tersebar di kolam renang mangkrak ini. Seperti munculnya penampakan anak kecil. Ini disebabkan banyak korban anak kecil yang kabarnya ditarik ke dalam kolam renang hingga tenggelam.

Jadi, itulah deretan tempat wisata terbengkalai yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki alasan masing-masing mengapa bisa mangkrak seperti itu. Mulai dari kebakaran sampai dengan kebangkrutan. Nah, apa ada dari Teman Traveler yang pernah datang ke salah satu tempat di atas? 

Tags

Bali

Bandung

Banten

Denpasar

Indonesia

Jawa Barat

Jawa Tengah

semarang

tempat wisata terbengkalai indonesia

Wisata



[ad_2]

Source link