Stockholm City Hall, Saksi Sejarah Terselenggaranya Nobel Peace Prize

Stockholm City Hall, Saksi Sejarah Terselenggaranya Nobel Peace Prize

[ad_1]

Di Stockholm, ibukota Swedia, ada 1 bangunan yang sangat terkenal dan ikonik. Namanya adalah Stockholm City Hall. Sekilas tidak ada yang istimewa dari namanya.

Namun, di sinilah berbagai macam peristiwa sejarah terjadi, termasuk yang paling tenar adalah penyerahan trofi Nobel Peace Prize, penghargaan perdamaian paling bergengsi di dunia. Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Bangunan yang cantik

20190602_101105_2_d9y.jpg
Stockholm City Hall © Ruth Devi/Travelingyuk

Berdiri sejak tahun 1923, desain gedung ini dibuat oleh Ragnar Ostberg, seorang pemenang lomba arsitektur bagi pembangunan Stockholm City Hall. Bangunan megah ini memiliki model struktur bercorak Venezia.

20190602_095922_2_9SP.jpg
Halaman City Hall © Ruth Devi/Travelingyuk

Di dalamnya terdapat 2 ruangan penting yang disebut Blue Hall dan Golden Hall. Masing-masing ruangannya memiliki fungsi dan nilai sejarah yang luar biasa penting. Namun sebelumnya, di bagian luar dari gedung ini pun tak kalah menarik.

patung_2_zxy.jpg
Sang arsitek, Ragnar Ostberg © Ruth Devi/Travelingyuk

Ostberg sang arsitek, diabadikan dalam bentuk patung torso yang bisa dilihat Teman Traveler saat keluar dari Golden Hall. Sungguh merupakan bentuk penghormatan terbaik!

2. Terpesona Blue Hall

20190602_094339_2_KGD.jpg
Blue Hall yang tidak biru © Ruth Devi/Travelingyuk

Sekalipun namanya Blue Hall, tetapi ruangan ini tidak berwarna biru sama sekali. Memang di rancangan awal Ostberg, bagian bangunan yang satu ini akan dibuat berwarna biru, mengacu pada warna langit Swedia.

Tetapi pada saat pembangunan berlangsung, ruangan ini sudah nampak cantik dengan tatanan indah batu bata merahnya, sehingga akhirnya dibiarkan dengan warna tersebut.

Di ruangan inilah diadakan jamuan makan malam untuk para penerima hadiah Nobel beserta Raja dan Ratu Swedia, pejabat negara Swedia, maupun duta besar dari negara para penerima hadiah Nobel.

organ_pipe_2_mpO.jpg
Organ Pipa © Ruth Devi/Travelingyuk

Setelah selesai makan malam, diadakan acara dansa yang diadakan di Golden Hall, posisinya berada 1 lantai di atas Blue Hall. Untuk menuju ke sana, ada tangga yang harus Teman Traveler lewati.

Percaya atau tidak, ukuran anak tangga ini mendapat perhatian serius dari Ostberg saat merancangnya, loh! Anak tangga sengaja dibuat pendek untuk memudahkan para undangan wanita yang mengenakan gaun panjang. Detail sekali, ya!

Selain itu, di Blue Hall juga ada sebuah organ pipa terbesar di Skandinavia. Jumlahnya lebih dari 10.000 buah! Kerennya lagi, alat musik ini masih bisa berfungsi dengan baik.

3. Menengok Kecantikan Golden Hall

20190602_093304_2_FdT.jpg
Golden Hall © Ruth Devi/Travelingyuk

Yang unik dari ruangan ini, seluruh dindingnya terbuat dari mosaik emas. Itulah sebabnya bagian bangunan ini disebut Golden Hall. Di ruangan inilah diadakan pesta dansa bagi para pemenang hadiah Nobel beserta undangan. Ruangan ini juga sering dijadikan tempat acara pernikahan keluarga kerajaan dan bangsawan Swedia karena arsitekturnya yang sangat indah dan mengesankan.

20190602_093255_2_eOz.jpg
Seluruh dindingnya berlapis emas dan tidak boleh disentuh! © Ruth Devi/Travelingyuk

Mosaik emas yang ditempelkan di dinding ruangan ini dikerjakan di Jerman. Nah, rupanya ada semacam kesalahpahaman mengenai ukuran, sehingga pada saat mosaik bergambar penunggang kuda ditempelkan, ternyata hanya si kuda saja yang bisa dipasang gambarnya karena keburu mencapai atap. Alhasil, kepala si penunggang tak diikutsertakan, membuat kesan seolah-olah kepalanya buntung.

Meskipun demikian, pemasangan mosaik tetap dilanjutkan dan gambar terpotong ini tetap dipasang juga. Mengapa? Supaya menjadi peringatan bahwa berbuat salah itu manusiawi dan tak perlu disembunyikan.

20190602_093231_2_78x.jpg
Queen of Lake Malaren © Ruth Devi/Travleingyuk

Ibukota Stockholm sering disebut sebagai ‘Queen of Lake Malaren‘ karena letaknya di tepi danau Malaren. Lukisan ini bisa Teman Traveler lihat di ruangan yang sama.

4. Melihat Danau Malaren dari Ikon Kota

20190602_101018_2_xLr.jpg
Danau Malaren dan Riddarholmen © Ruth Devi/Travelingyuk

Dari Stockholm City Hall, kalian bisa melihat indahnya Danau Malaren, salah satu wisata alam terfavorit di Swedia. Teman Traveler juga bisa melihat sisi lain di seberang danau yang tak kalah cantik dan memesona. Jadi, tertarik mengunjunginya?

Tags

kontributor

Luar negeri

Stockholm

stockholm city hall

Swedia

Travelingyuk

Wisata

[ad_2]

Source link