Kreatif! Pemuda Pademangan Ciptakan Mural Edukatif Gantikan Coretan Vandalisme

Kreatif! Pemuda Pademangan Ciptakan Mural Edukatif Gantikan Coretan Vandalisme

[ad_1]

Pemuda kini tak lagi acuh dengan lingkungan dan juga generasi penerus bangsa. Terbukti dari pemuda yang berada di Jalan Pademangan II, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, yang menciptakan mural unik bertema edukatif. Bagaikan buku yang disadur ke dinding, mural yang diciptakan sangatlah lengkap dan membuat anak-anak betah berada di tempat ini. Penasaran bagaimana wujud dari muralnya? Kita lihat ulasan di bawah ini, yuk.  

Hasil Karya Pemuda Setempat 

mural edukatif
Salah satu mural huruf hijaiyah via twitter/BeritaJakarta

Dinding yang awalnya berwarna abu-abu polos ini berhasil ‘disulap’ menjadi mural berisi pendidikan. Hal ini dilakukan oleh Kiming dan kelima temannya yang merupakan penduduk asli Pademangan Timur. Mereka mengaku sudah melakukan kegiatan positif tersebut sejak tanggal 5 November 2019 lalu dan akan menyelesaikannya sampai semua dinding di kampung tersebut terpenuhi oleh mural-mural unik. 

Upaya untuk Mencerdaskan Anak Bangsa 

mural edukatif
Mural pengenalan hewan via facebook/Eris Riswandi

Tak hanya sekadar melukis, para pemuda dengan ide kreatif ini mempunyai tujuan mulia dalam pembuatan muralnya. Adalah untuk memberikan media belajar bagi anak-anak yang sering kali lewat di area tersebut. Diharapkan cara seperti itu, akan lebih memudahkan anak-anak mengerti berbagai teori dan bisa belajar dengan cara menyenangkan. 

Mengajak Pemuda Lain untuk Andil 

Mural tokoh nasional via facebook/Pemprov DKI Jakarta

Supaya manfaat bisa dirasakan oleh semua anak, Kiming dan kawan-kawannya mengajak pemuda lain untuk andil dalam pembuatan mural tersebut. Oleh karenanya, mereka memberikan acuan gambar yang bisa dilukis oleh para pemuda di tempat tinggalnya masing-masing. Dengan begini, semua anak khususnya di wilayah Jakarta Utara bisa merasakan serunya belajar di tembok. 

Aneka Tema Mural yang Dilukis  

Mural hitungan via facebook/Shelly Syallum Elfaizah

Mural yang dilukis oleh Kiming Cs bermacam-macam. Mulai dari tokoh-tokoh nasional, hitungan matematika, peta Indonesia, pesan sosial, hingga huruf hijaiyah untuk pendidikan agama. Sangat tidak heran kalau anak-anak sangat betah berada di sana. Mereka dengan semangat mempelajari satu persatu mural yang ada. 

Itulah mural edukatif yang dibuat oleh pemuda asal Pademangan. Mereka dengan kreatifnya menyalurkan hobi untuk sesuatu hal yang bermanfaat. Jadi, apakah kalian ingin melakukan hal yang sama seperti mereka? 

Tags

Indonesia

info terbaru

Jakarta Utara

Mural Edukatif

Pademangan Timur



[ad_2]

Source link