El’s Coffee, Menikmati Varian Kopi dari Negeri Sendiri

El’s Coffee, Menikmati Varian Kopi dari Negeri Sendiri

[ad_1]

Teman Traveler dimanjakan dengan beragam jenis kopi asli Indonesia. Negeri kita dikenal dengan biji-biji kopi yang kualitasnya diakui dunia. Sebut saja kopi Lampung, Flores Bajawa, Toraja, Bali Kintamani, Aceh Gayo, Java Mocha, hingga Wamena. Di El’s Coffee, Teman Traveler bisa menikmati macam-macam kopi tersebut.

El's Coffee
Aneka biji kopi di El’s Coffee (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Berawal dari Perjuangan Sang Kakek

03_kopi_ysf.jpg
Salah satu sudut kedai kopi (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Kedai El’s Coffee terletak di Jalan MS Batubara, Bandar Lampung. Saat bertandang ke kedai itu, saya berbincang dengan salah satu pemiliknya, Tia Riswan. Dia membuka kedai kopi ini bersama sang kakak, Elkana. Perjalanan usaha kopi di keluarga mereka bermula dari sang kakek yang menjadi pengepul kopi di Lampung Selatan.

Lantas, usaha ini dilanjutkan oleh ayah mereka. Sejak usia 14 tahun, sang ayah sudah keluar masuk desa untuk membeli biji kopi dari petani setempat lalu dijual ke kota.

Tia dan Elkana ingin hal baru. Mereka tak hanya meneruskan usaha keluarga yang berjualan biji kopi, tetapi juga mencoba menyajikan kopi dalam bentuk minuman kepada pelanggan. Mereka memulainya dengan berburu biji kopi otentik dari berbagai daerah di Indonesia. Bahan baku tersebut lantas disangrai sedikit demi sedikit untuk menemukan racikan yang pas.

El's Coffee
Biji-biji kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Setelah merasa siap, mereka memberanikan diri membuka kedai El’s Coffe pada tahun 2013. Seluruh proses pengolahan dilakukan sendiri, dimulai dari proses sortasi biji kopi. Dalam proses roasting, mereka memperhatikan karakter tiap-tiap jenis biji kopi, ketinggian lahan di mana kopi itu ditanam, tingkat kematangan buah, dan kebersihan biji setelah dicuci.

Metode penyimpanan biji kopi menjadi perhatian tersendiri. Biji kopi yang telah di-roasting akan kehilangan aroma jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, El’s Coffee melakukan proses roasting secara harian untuk menjaga kualitas kopi yang mereka jual. Teman Traveler bisa melihat secara langsung proses pengolahan biji kopi di kedai ini.

Bangga dengan Kopi Asli Indonesia

El's Coffee
Suasana bar di El’s Coffee (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Els’s Coffee berupaya mengenalkan kopi asli Indonesia yang berkualitas premium. Kopi Indonesia dikenal bercita rasa nikmat dan sudah diakui dunia. Kopi ini dikenal akan aroma rempahnya, rasanya yang eksotis, dan tingkat keasaman yang rendah.

Sebagian besar kopi asal Indonesia adalah arabika yang ditanam di lahan dataran tinggi. Salah satu tujuan El’s Coffee adalah memperkenalkan bahwa kopi-kopi asli Indonesia itu nikmat dan tak kalah dibandingkan kopi dari negara lain.

El’s Coffee Blend, Menu Andalan yang Digemari Pelanggan

El's Coffee
Teman Traveler bisa memilih beragam kopi berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia (c) Adhi Kurniawan /Travelingyuk

Menu andalan kedai kopi ini adalah Els’s Coffee Blend. Mereka memadukan kopi robusta dengan arabika untuk menghasilkan cita rasa dan keasaman seimbang. Kebanyakan penyuka kopi akhir-akhir ini lebih banyak mencari kopi arabika yang memang dikenal memiliki aroma dan cita rasa yang lebih nikmat serta kandungan kafein yang lebih rendah.

Untuk melengkapi keunggulan kopi arabika itu, El’s Coffee menambahkan robusta Lampung yang memiliki body kopi yang kuat. Kombinasi itu menghasilkan coffee blend yang sangat nikmat. Teman Traveler juga bisa memesan menu lain seperti Americano, espresso, atau latte. Menu kopi dijual mulai dari harga Rp15.000an.

Bisa juga Pesan Biji Kopi

El's Coffee
Melihat proses pengolahan biji kopi (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Selain menyediakan minuman, El’s Coffee juga menawarkan berbagai jenis biji kopi yang sudah diolah. Ragamnya adalah Aceh Gayo, Takengon Longberry, Mandailing, Luwak, Lampung, Pangalengan, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Toraja, hingga Wamena.

El's Coffee
Karyawan kedai sedang mengemas biji kopi (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Persediaan disimpan dalam toples-toples kaca berukuran besar. Saat ada pelanggan yang ingin membeli kopi, mereka tinggal memilih jenis kopi yang diinginkan. Lalu biji kopi tersebut digiling sesuai selera konsumen, apakah ingin digiling kasar atau halus. Biji-biji tersebut dikemas dalam varian ukuran 100 gram, 250 gram, dan 500 gram.

Lezatnya Sajian Otentik Ala Italia

El's Coffee
Salah satu menu andalan El’s Coffe, spaghetti ikan asin cabe ijo (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Untuk makanan, yang menjadi menu andalan adalah beragam kuliner asal Italia. Cita rasanya dijamin otentik. Teman Traveler bisa mencoba beragam varian spaghetti, risotto, canolli, atau ravioli. Ada pula arancini, makanan yang berasal dari bola-bola risotto yang digoreng dan berisi smoked beef.

Uniknya, kedai ini menyajikan Chicken Coffee. Sebelum dimasak, ayam dimarinasi dengan campuran bubuk kopi. El’s Coffee juga menyediakan berbagai menu manis seperti black forest, mug cake, matche green tea cake, cheese cake, dan tiramisu.

El's Coffee
Coffee Chicken, menu unik yang hanya ada di El’s Coffee (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk
El's Coffee
Beragam menu di El’s Coffee (c) Adhi Kurniawan / Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkunjung ke Bandar Lampung, sempatkan singgah di El’s Coffee. Menikmati secangkir kopi khas Nusantara di daerah asalnya akan menjadi pengalaman yang menarik untuk dicoba. Bukan hanya soal cita rasa, tetepi juga cerita yang ada di dalamnya.

Tags

Bandar Lampung

El's Coffee

Indonesia

Kedai Kopi

kontributor

Lampung

Travelingyuk

[ad_2]

Source link