5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Takut Naik Pesawat

5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Takut Naik Pesawat

[ad_1]

Banyak orang suka bepergian ke beraneka macam destinasi wisata. Namun, ada 1 hal yang masih jadi momok mencemaskan bagi sebagian wisatawan, yaitu terbang. Banyak orang takut naik pesawat karena beberapa sebab, mulai dari tidak terbiasa hingga trauma melihat berita kecelakaannya yang merenggut ratusan korban jiwa sekaligus.

Nah, untuk mengatasi perasaan ketakutan dan kecemasan yang timbul, Travelingyuk sajikan 5 tips ampuh buat kalian.

1. Googling dan Biasakan Diri dengan Apapun yang Berkaitan dengan Pesawat

Ilustrasi googling informasi via Shutterstock

Cobalah Teman Traveler mencari dan membaca aneka ulasan dan studi yang berhubungan dengan pesawat. Dari sana, kalian bakal menemukan berbagai informasi menarik, termasuk salah satunya adalah fakta yang menunjukkan pesawat sebagai moda transportasi paling aman di dunia.

Bahkan, menurut hasil riset di Inggris, kemungkinan mengalami kecelakaan ketika terbang adalah 1:11.000.000 kejadian, jauh lebih kecil dibanding peluang kecelakaan mobil, yakni 1:200.000. Dari sini Teman Traveler jadi yakin betapa amannya naik pesawat, bukan?

2. Pilih Tempat Duduk di Sebelah Lorong

Ilustrasi tempat duduk di sebelah lorong via Shutterstock

Rata-rata maskapai sudah memberikan keleluasaan pada penumpang untuk memilih kursi sesuai yang diinginkan. Nah, kesempatan ini cocok buat Teman Traveler yang tidak mau berada di tepi jendela. Pemandangan langit, awan, dan kota dari ketinggian bisa saja membuat takut mereka yang tidak terbiasa dengannya.

Kalian bisa memilih tempat duduk di sebelah lorong. Selain lebih leluasa, Teman Traveler juga akan merasa lebih nyaman karena tidak perlu berkontak langsung dengan jendela pesawat.

3. Ambil Napas Teratur Sambil Berpikir Positif

Ilustrasi menenangkan diri agar tidak takut naik pesawat via Shutterstock

Ketika Teman Traveler mulai merasa gelisah dan cemas di dalam pesawat, jangan panik! Mulailah mengatur ritme pernapasan. Cobalah mengambil napas dengan perlahan sambil membayangkan hal-hal positif, misalkan saja makanan yang akan dicoba saat tiba nanti atau serunya destinasi wisata yang akan disambangi.

Setelah selesai, Teman Traveler bisa menghembuskannya dengan lembut. Lakukan ini berulang kali sampai suasana hati kalian jauh lebih tenang.

4. Hibur Diri dengan In-Flight Entertainment

Ilustrasi mendengarkan musik di pesawat via Shutterstock

Bukan tanpa alasan pesawat menyediakan in-flight entertainment. Selain mengurangi rasa jenuh, hiburan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang punya kecemasan terhadap penerbangan.

Jika kebetulan di pesawat tidak ada fasilitas ini, kalian bisa tetap mencari hiburan alternatif, seperti membaca majalah yang sudah disediakan atau mendengarkan musik via telepon genggam.

Ingat, pastikan mode penerbangan/flight mode pada smartphone dalam kondisi menyala! Jangan lupa matikan gadget pada waktu pesawat hendak take-off ataupun landing.

5. Hindari Mengonsumsi Kafein

Ilustrasi kopi di pesawat via Shutterstock

Mengonsumsi kafein memang bagus untuk menjaga badan tetap terjaga. Tetapi, ketika kalian sedang menghadapi kecemasan, zat ini malah bisa jadi bumerang karena memicu ketegangan berlebih. Itu sebabnya, Teman Traveler tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi saat bepergian dengan pesawat.

Itulah sederet tips ampuh yang bisa kalian terapkan buat mengatasi rasa takut naik pesawat. Selamat mencoba, Teman Traveler!

Tags

Indonesia

Luar negeri

PEsawat

takut naik pesawat

tips dan inspirasi

[ad_2]

Source link