4 Tempat Wisata dengan Legenda Pilu Membiru, dari Bencana Hingga Putus Cinta

4 Tempat Wisata dengan Legenda Pilu Membiru, dari Bencana Hingga Putus Cinta

[ad_1]

Beberapa waktu lalu, seorang penyanyi bernama Kunto Aji merilis video klip lagu kebanggaannya yaitu Pilu Membiru. Video ini pun mampu membuat netizen berlinangan air mata atas cerita yang ditampilkan. Dari judul lagu tersebut, Travelingyuk akan mengulas tentang beberapa tempat wisata yang mempunyai legenda pilu membiru. Kira-kira di mana saja? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Museum Tsunami, Aceh 

wisata legenda pilu
Museum Tsunami via instagram/worldlifetravel

Pertama ada Museum Tsunami yang berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Museum ini dibangun sebagai monumen kenangan dari bencana tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2006 lalu.

Bangunan yang didirikan oleh Ridwan Kamil ini di dalamnya memiliki lima ruang tematik dengan pesan masing-masing. Apabila Teman Traveler ke sini, kalian akan merasakan pedihnya orang-orang yang terkena bencana tsunami beberapa tahun silam. 

2. Puncak Asmoro, Banyuwangi 

wisata legenda pilu
Puncak Asmoro via instagram/ian.mafiah__

Kemudian, ada Puncak Asmoro yang memiliki sejarah tak kalah pilu. Semua kesedihan itu berawal dari cerita sepasang kekasih yang suka bertemu di puncak dengan pemandangan Selat Bali tersebut. Tapi sayangnya, kisah cinta mereka berdua tidak direstui oleh orang tua si perempuan. Akhirnya mereka harus rela memutuskan cinta, mesti hal tersebut sangatlah berat. 

Dari kisah itulah, tempat pertemuan mereka dinamakan Puncak Asmoro. Dulu, tempat ini hanya perbukitan biasa, namun kini Puncak Asmoro sudah direnovasi sedemikian rupa agar banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Tempat wisata ini berada di Kacangan Asri, Gombeng, Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.  

Pura Teluk Terima, Bali 

Pura Teluk Terima via instagram/ag.kriss

Bali juga punya wisata dengan legenda menyedihkan di Pura Teluk Terima. Dulu, ada sepasang suami istri bernama Jayaprana dan Layonsari yang hidup harmonis. Tapi, di tengah rumah tangga mereka, ada seorang raja dari Kalianget yang menyukai Layonsari, sehingga dirinya ingin menyingkirkan Jayaprana. 

Rencana raja tersebut berhasil dan kemudian mengajak Layonsari untuk menikah. Namun, karena sang wanita sudah cinta mati dengan suaminya, akhirnya ia memutuskan untuk bunuh diri saja. Menurut cerita penduduk setempat, keduanya dimakamkan di Pura Teluk Terima, dengan patung lelaki dan perempuan sebagai penandanya. Kalau kalian ingin mengunjunginya, bisa datang ke Jl. Seririt – Gilimanuk, Desa Sumber Klampok, Kabupaten Gerokgak. 

4. Pantai Batu Nona, Kupang 

Pantai Batu Nona via facebook/AdadiKupang

Selanjutnya, ada Pantai Batu Nona yang berlokasi di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki legenda yang kuat di masyarakat. Di balik keindahannya, Pantai Batu Nona menyimpan kisah pilu.

Dikisahkan menurut warga setempat, dulu ada seorang gadis yang sengaja terjun di atas tebing batu karang dengan ketinggian 15 meter karena patah hati diputus hubungan oleh sang kekasih. Alasannya, hubungan dua sejoli ini tidak direstui orangtua.

Kemudian jasad gadis ini berubah menjadi batu menyerupai perempuan yang berdiri dengan tinggi 2 meter. Kisah inilah yang menjadikan nama Pantai Batu Nona. Nona sendiri merupakan panggilan seorang gadis di NTT.

Itulah deretan tempat wisata yang mempunyai legenda pilu membiru. Ceritanya memang membuat hati teriris, tapi tempatnya sangatlah eksotis. Jadi, apa kalian ada rencana untuk pergi ke salah satunya? 

Tags

Bali

Banyuwangi

Indonesia

Jawa Timur

Kabupaten Gerokgak

Kupang

Nanggroe Aceh Darussalam

Nusa Tenggara Timur

Wisata

wisata legenda pilu



[ad_2]

Source link